Setting Konfigurasi TP-Link MR3420 3G Routers Sebagai WDS, Bridge, Repeater atau Wifi Extender

Sebelumnya saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan TP-Link MR3420 3G/3.75G sebagai Wireless Distribution System (penyambung signal) AP saya. berawal dari experimen karena ingin berbagi internet dengan beberapa orang yang ada dalam 1 rumah yang tidak terjangkau signalnya. mudah-mudahan tutorial saya bermanfaat buat temen-temen semua.

Saya asumsikan para readers sudah paham mengenai topik yang saya bahas kali ini. Masih sedikit bingung ya? okelah saya coba jelaskan sedikit agar kalian paham. Mari coba kita perhatikan gambar berikut :

WDS

Dari gambar yang ada diatas, PC B tidak mendapat signal wireless dari Acess Point, oleh sebab itu kita akan menggunakan MR3420 sebagai WDS untuk memperluas area signal wifi. WDS bersifat menangkap signal wireless dari Acess Point kemudian menyebarkannya/memperluas jangkauan wifinya.

Disini AP sudah terkonfigurasi dan dapat diakses internetnya. Selanjutnya kita akan mengkonfigurasikan MR3420 Sebagai WDS dari AP

Agar seragam, mari kita reset / restore to the default setting terlebih dahulu, buka browser anda, lalu ketikkan alamat admin page dari router anda http://192.168.1.1 (MR3420 V1) atau http://192.168.0.1 kemudian masukkan username dan password anda yaitu : admin (defaultnya). setelah masuk admin page langsung saja menuju menu “System Tools” kemudian ke “Factory Defaults” setelah itu tekan tombol “Restore“.

Restore to the default setting

Setelah selesai proses restore dan reboot, langkah pertama adalah menyesuaikan IP Address LAN WDS dengan IP Address LAN AP. Caranya, pergi ke menu “Network” kemudian “LAN“. isikan IP Address WDS : “192.168.0.2“, Jika AP anda menggunakan IP Address “192.168.0.1“. Namun apabila IP Address AP anda “192.168.1.1” maka sesuaikan IP Address WDS anda menjadi “192.168.1.2“.

LAN IP Address

Setelah itu langkah kedua adalah mencari signal Acess Point, pergi ke menu “Wireless” kemudian “Wireless Setting“. isikan kolom-kolom yang ada seperti berikut :

  • Wireless Network Name : Wifi_Ext (Silahkan disesuaikan dengan nama yang Anda inginkan)
  • Region : Indonesia (Samakan dengan region yang ada di AP anda)
  • Channel : Biarkan saja Auto, Nanti  akan ada peringatan untuk menyamakan channel AP dengan WDS (Pilih Ya) atau anda bisa langsung menyamakan channelnya dengan yang ada di AP
  • Mode : 11bgn mixed (Silahkan disesuaikan dengan mode yang Anda ingikan)
  • Channel Width : Biarkan saja Auto
  • Max Tx Rate : 300Mbsp (Silahkan disesuaikan dengan maximum yang Anda ingikan)
  • Cek list Enable Wireless Router Radio,  Enable SSID BroadcastEnable WDS Bridging

Ketika anda menceklist Enable WDS Bridging maka akan muncul kolom-kolom baru seperti gambar berikut :

Enable WDS Bridging

  • Klik tombol survey maka akan muncul gambar seperti berikut, kemudian pilih SSID yang ingin anda perluas wifinya, setelah anda tekan connect maka secara otomatis SSID(to be Bridged) dan BSSID(to be bridged) akan terisi otomatis.

Survey and Connect

  • Key type : pilih sesuai dengan type security password Acess Point Anda, disini saya menggunakan WPA-PSK/WPA2-PSK
  • WEP Index dan Auth type biarkan saja
  • Password : isikan password Acess Point.

Setelah itu tekan tombol save dan reboot router Anda.

nb. Jika anda ingin memberi password pada wireless WDS anda ikuti langkah ketiga, jika tidak silahkan lompat ke langkah empat.

Langkah ketiga, pergi ke menu “Wireless” kemudian “Wireless Security” pilih radio button WPA-WPA2 Personal, isikan wireless password : 123456 (Silahkan disesuaikan dengan password yang Anda inginkan) setelah itu tekan tombol save yang ada dibagian bawah

Wireless Security

Langkah keempat, pergi ke menu “DHCP” kemudian “DHCP Settings“. isikan kolom kolom seperti berikut :

  • DHCP Server : pilih disable
  • Start IP Address : 192.168.0.100 (Abaikan saja)
  • End IP Address : 192.168.0.199 (Abaikan saja)
  • Address Lease Time : 120 (Abaikan saja)
  • Default Gateway : 192.168.0.2 (Abaikan saja)
  • Default Domain : kosongkan
  • Primary DNS : 0.0.0.0 (Abaikan saja)
  • Secondary DNS : 0.0.0.0 (Abaikan saja)

DHCP Setting

Setelah itu tekan tombol save dan kemudian reboot, sekarang silahkan dicoba untuk konek ke signal wifi baru Anda.

 

Catatan : bagi Anda yang sudah berhasil namun tidak terkoneksi dengan internet, coba ganti gateway WDS dengan ip AP anda, contoh : gateway WDS 192.168.0.2 diubah menjadi ip AP 192.168.0.1

Jika anda mengalami masalah silahkan tinggalkan pesan dibawah.

Bagi teman-teman yang ingin menaruh maupun menyalin artikel ini ke blog maupun media elektronik lainya, harap mencantumkan sumbernya, gunakan etika berinternet, terima kasih. Salam ivonidiego

About ivonidiego
You = What You Do

60 Responses to Setting Konfigurasi TP-Link MR3420 3G Routers Sebagai WDS, Bridge, Repeater atau Wifi Extender

  1. LIN says:

    klo untuk APnya apa saja yg perlu di setting

    • ivonidiego says:

      AP disesuaikan dengan internet yang Anda pakai, jika menggunakan Modem silahkan konfigurasikan dengan modem, jika menggunakan WAN settinglah dengan konfigurasi WAN.

  2. Dani Abdillah says:

    saya sudah coba ini tapi bermasalah sama di dhcpnya nggabisa seperti diisi sesuai perintah masnya saya pake ap TD-W8151N bawaan speedy yag rencananya TL-MR3420 sebagai repeaternya mohon bantuannya ya mas ;D, tolong segera di respon

    • ivonidiego says:

      Sudah saya update mas thread saya, silahkan dibaca kembali, setelah saya coba-coba lagi, ternyata tidak perlu menggunakan DHCP, DHCPnya nanti menggunakan DHCP AP.

  3. liantvision says:

    Ijin sedot ilmunya gan…mantabs

  4. dwi says:

    untuk AP juga perlu di seting sebagai access point(wds) untuk yang sdh pakai openwrt

  5. Anto says:

    Mas, saya pakai modem Smartfren Huawei DF79B EVDO Rev. B sebagai AP dan mau pakai MR3420 sebagai WDS. Utk IP AP saya pakai default 192.168.1.1 dan IP WDS saya set menjadi 192.168.1.2 seperti petunjuk diatas.
    Saya sudah ikuti semua langkah diatas tetapi belum beruntung alias selalu gagal.
    Mohon bantuan advise-nya.
    Terima kasih.

  6. adi says:

    sudah bisa conect tpi muncul pesan no internet acces mmohon penjelasan

    • ivonidiego says:

      Kalau tidak terhubung dengan internet coba di ganti gateway WDS dengan ip AP.
      Kalau contoh di atas yaitu gateway WDS 192.168.0.2 diganti dengan ip AP 192.168.0.1

  7. sety says:

    sudah kulakukan utk mr3420-ku dengan tujuan extend/share koneksi BOLT 4G (AP)… persis spt petunjuk… tapi gagal koneksi. no internet connection. saya ndak ada ide mengapa bisa terjadi. thanks anyway…

    • ivonidiego says:

      Kalau tidak terhubung dengan internet coba di ganti gateway WDS dengan ip AP.
      Kalau contoh di atas yaitu gateway WDS 192.168.0.2 diganti dengan ip AP 192.168.0.1

  8. Maaf kalau seandainya kita mau settingnya pada Wireless N’ Router yang sama itu bisa tidak?
    Terima kasih sebelumya untuk infonya.

  9. Danny says:

    Saya sudah ikutin cara nya dan status wds run

    Tapi Kenapa tidak mau tersambung internet yah gan

    Kalau ke ap sih langsung bisa

    Via 3420 limited

    Mohon dibantu

    WhatsApp 081 222 059 222

    Terima kasih

    • ivonidiego says:

      Kalau tidak terhubung dengan internet coba di ganti gateway WDS dengan ip AP.
      Kalau contoh di atas yaitu gateway WDS 192.168.0.2 diganti dengan ip AP 192.168.0.1

  10. kebingungan says:

    Kalau tidak terhubung dengan internet coba di ganti gateway WDS dengan ip AP.
    Kalau contoh di atas yaitu gateway WDS 192.168.0.2 diganti dengan ip AP 192.168.0.1

    ip wds saya 192.168.1.222
    ip router utama saya 192.168.1.1
    ping ke router utama ping 192.168.1.1 destination house unreachable
    sudah diganti IP di wds sesuai gateway router. connect ke router saja tidak bisa

  11. kalau dihubungkan ke mikrotik rb750 gimana ya settingnya bang
    tapi di fungsikan sebagai hostpo login

  12. Apakah setting konfigurasi ini juga dapat diterapkan pada TL-MR3420 V.2? Terima Kasih

  13. Rahmad says:

    untuk konek wifi ke AP bisa, tp konek wifi ke router (tplink mr3420) tidak bisa.
    kenapa ini ya gan… tolongin saya..!!!

    WA saya 0821 310 61407

  14. dany says:

    mantab gan,ane berhasil bikin repeater pake tp link wl 841nd,makasih buat sharingnya gan,maju trus bwt blognya…oia gan ane ga perlu nambahin di wds ip gateway nya,yg penting restart semua wifi n cabut kabel sampe 10 detik trus pasang lg dah connect tuh…

  15. hendra says:

    langkah langkah di atas sudah saya ikuti semua, status WDS “run” namun tidak ada koneksi internet juga. WDS ip sudah dicoba diganti dengan ip AP namun sama juga. kenapa ya Pak?
    saya ingin modem Bolt saya bisa diperluas area cakupannya menggunakan router TL-MR3220, apakah perbedaan model ini penyebabnya?

  16. IdBuSan says:

    Selamat pagi,
    Maaf mas, seringkali setelah merubah DHCP, koq tidak bisa masuk di admin nya yaa.
    misal: MR3420 saya rubah DHCP (disable) dan network nya saya set di 192.168.1.10, setelah reset, saya tidak bisa login di 192.168.1.10.
    Harus saya factory reset lagi, kembali ke 192.168.1.1 baru bisa login lagi ke MR3420 nya.

    Untuk koneksi brdging seperti ini, tidak perlu koneksi dengan menggunakan kabel UTP ya mas?

    • ivonidiego says:

      Untuk kasus mas, ini karena DHCP disable jadi IP di komputer tidak diberikan secara otomatis mas, untuk dapat mengakses MR3420 mas yang DHCPnya terdisable, mas harus setting IP di komputer secara manual, untuk IPnya bebas mas asalkan masih di segmen Router yaitu 192.168.1.XXX

      Untuk koneksi bridging ini bisa pake kabel LAN (masuk ke port wan) klo wireless wds itu bro.

  17. IdBuSan says:

    Maaf kelupaan.
    Seandainya bridging nya berhasil, apakah port TCP/IP 1-4 yang di MR3420 bisa digunakan untuk koneksi internet juga … misal untuk equipment lain yang tidak mempunyai fasilitas wifi?

  18. Ardi Mihada says:

    Nyang udah ikutin step by stepnya tp belon bisa. Upgrade firmwarenya bro, tdnya gw juga gitu, hampir botak nih pala. Alhamdulillah sekarang dah lancar jaya.. Nih Link download firmware-nya : http://www.tp-link.co.id/support/download/?model=TL-MR3420

  19. Rustam Aja says:

    aaahh siaalan,,malah gk bisa conec internet ini gmn ngembalikan lagi spt awal,,bisa gk..???

  20. David says:

    Bro, mau coba mr3420 jadi repeater speedy yg pake router huawei. Apakah bisa? Udah saya coba, ip address udah diurutin ip ap dan wdsnya serta gateway disamakn tapi tetep gabisa. Apakah harus sama tplink ap n wds?

  21. sanggam says:

    sebelumnya saya sudah bisa koneksi normal, tp setelah 1 hari malah “obtaining ip address” terus…kenapa ya? mohon pencerahannya

  22. sebelumnya terima kasih buat ilmu agan yg sudah di share🙂
    saya sudah ikuti semua cara diatas dan berhasil, permasalahannya setelah 1 hari status wifi jadi limited (tidak dapat access internet). mohon pencerahannya ya gan. thanx

  23. jhepend says:

    gan, colokan ethernet nya gak bs di buat koneksi internet knp ya?? harus pake wifi nya

  24. ems says:

    mas… saya sudah berhasil jadikan mr3420 saya sebagai WDS tetapi yang jadi permasalahan kalo setelah listrik dari pln padam, saya tidak bisa konek lagi ke mr3420 saya kecuali saya reset factory setting dan melakukan setting ulang dari step 1 lagi.
    apakah memang seperti ini? tidak bisa autoconnect lagi mr3420 saya dengan AP setelah listrik padam?

  25. Ardian says:

    selamat siang agan agan suhu. saya punya permasalahan dengan tp extender TL-WA850RE.

    Rumah saya ada 4 lantai. Router wifi utama ada dilantai 4. Karena koneksi nya terbatas, maka saya putuskan untuk menggunakan exteder TL-WA850RE di tiap tiap lantai.
    Saya setting TL-WA850RE di lantai 3 sudah berhasil. lantai 2 dan lantai 1 pun saya ikut cara pertama berhasil sukses. Lantai 1 dan lantai 2 yang tadinya sama sekali tidak kena signal wifi sekarang nya full. Its working. Thanks TL-WA850RE.😀

    Nah permasalahan baru muncul, Saat saya ada di lantai 3, koneksi yang saya dapat 2 mbps. Di lantai 2 Koneksinya menurun jadi sekitar 700 kbps. dan yang lebih parah lagi, di lantai 1 saya hanya dapat koneksi 15 kbps.

    Pertanyaan saya apakah extender tersebut hanya menguatkan signal wifi tanpa menguatkan koneksi internet? apakah mungkin hanya settingan saya yang salah?

    maaf kalo pertanyaan saya bertele tele. terima kasih. mohon pencerahan nya.

  26. Pingback: Cara setting WDS TP-Link MR3420 3G Routers (poin to poin) | BLOG PULSA

  27. Dewangga Arie Baskara says:

    mas saya punya gambaran sedikit dari infrastruktur yg saya punya, saya punya 2 AP untuk 2 rumah yg saya ingin koneksikan melalui AP ini tp jarak rumah itu sekitar 120 Meteran. yg saya tanyakan jika saya kombinasikan AP dengan antena grid untuk menggantikan antena bawaan AP untuk koneksi antar ap kemudian masing masing AP saya sebar lagi koneksinya menggunakan switch kira kira memungkinkan gak mas? dan itu termasuk dalam 1 network gak ?

  28. gan, apa antara router & wds msti terhubung via kabel lan?
    saya menggunakan: Huawei HG352e sbg router & TPLink MR3420 sbg repeater/WDS.
    mohon jawabannya gan….

  29. Sudah berhasil mas, tetapi di AP perlu disetting WDS nggak yah karena setiap beberapa waktu tertentu client gagal koneksi dengan AP sehingga harus beberapa kali seting chanel dan koneksi ulang. Mohon bantuannya. Terima kasih.

  30. thoriq says:

    konfigurasi dengan modem tuh gimana caranya mas? pencerahan plis

  31. ibnu muslim says:

    makasih bro,..
    setelah update firmware dan quick setting kok ga bisa konek lagi..
    ternyata ip AP dan WDS tabrakan =.=
    btw pake quicksetting ternyata sangat simpel hanya isi ssid dll

  32. Adi Waru says:

    Waow Sangat membantu mas!
    Solusi buat yang gagal…coba update Firmware TP Linknya.

  33. hui wijaya says:

    berhasil juga memperluas koneksi dengan MR 3420, rupanya solusinya adalah mereset dulu alat dan baru dikonfigurasi dari awal..🙂 .. thx atas ya🙂

  34. Mantap mas, alhamdulillah, berhasil menyebarkan bolt ke seisi rumah dengan mr3420, default gateway yg di DHCP diganti dengan IP bolt 192.168.1.1…
    Terima kasih

  35. avip says:

    Jika tidak tahu ip AP bagaimana gan.?
    Soalnya tiap kali dhcp di disable router gak bisa diakses. Tapi stts WDS run.
    Saya pakai tp link Mr3420
    Yang AP tidak tahu soalnya punya tetangga. Cuma di kasih tahu psswrd nya saja buat akses internet

    • ivonidiego says:

      gak masalah bro, yang penting segmennya masih sama artinya 3 digit pertama masih sama, contoh 192.168.1.XXX nah, tinggal kita isi XXX dari 1 – 254. semoga berhasil.

  36. Ade Aan Juhyan says:

    Sesuai tutor.tp ga bisa saja gan,.tolong..

  37. anto says:

    Bro, saya punya TL-MR3420, ingin saya gunakan u menangkap sinyal wif id. Dimana kalau diteras rumah saya sinyalnya ketangkep. Tp tidak sampai ke dalam kamar. Boleh tanya triknya agar bisa dibuat reppeaater. Mtrnwn

    • ivonidiego says:

      Sudah lama gak buka blog, sori baru bisa ngebales.
      Solusinya pake antena yang agak panjang bro, atau routernya ditaruh didkt sinyal wifi id yang signalnya banyak.
      baru deh di wds.

  38. nurhaidah says:

    sangat membantu tutorialnya, berhasil saya mengunakan indihome. ip lan & DHCP 192.168.1.2

Leave a Reply

